Picture
Salah satu kegiatan SWC adalah ikut bekerja bersama orangtua asuh. Aku ikut jualan cireng di sekolah dasar terdekat. Saat berangkat sih, Bapak asuhku yang memanggul barang dagangannya, "takut tumpah", kata Bapak, karena aku gak terbiasa memanggul barang dagangan seperti itu. 
Nah, pulangnya, setelah barang dagangan Bapak habis, barulah aku berani memanggulnya...hehehe...

 
Picture
Spiritual Work Camp (SWC) merupakan program Dirasah Islamiyah bagian dari kurkulum SM Plus Muthahhari. Sesuai dengan visi dan misinya yaitu pembinaan akhlak dan meraih cinta Ilahi dengan berkhidmat dan mengabdi kepada masyarakat, maka diharapkan murid dapat mengambil i'tibar (pelajaran) dari apa yang didapat dari kehidupan di tengah-tengah masyarakat terutama masyarakat kecil di pedesaan. Oleh karenanya murid SMA Plus Muthahhari diwajibkan untuk mengikuti kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk mendorong ke arah tujuan yang dimaksud di atas. 

Picture
Dimanakah Murid Tinggal Selama SWC?
Sesuai dengan tujuannya untuk mengabdi dan pengabdian itu akan lebih terasa dan dinikmati oleh murid , maka murid harus tinggal di rumah penduduk. 
Selama tinggal dengan  orangtua asuh, kegiatan mereka diantaranya adalah mengerjakan pekerjaan di tempat mereka tinggal seperti di rumah sendiri, menjaga sopan santun,  ikut ke ladang atau bekerja bersama orangtua asuh, menunjukkan bahwa mereka akan mengabdi dan bukan sebaliknya, mendahulukan kepentingan tuan rumah, atau orang kampung umumnya terlebih dahulu sebelum kepentingan pribadi...