Picture
"Di sini kami belajar bahwa hidup itu tidak seperti membeli rokok garpit atau apapun yang ada di warung, yang segalanya hanya tinggal dibeli pake uang, dihisap lalu dibuang tanpa tahu cara membuat dan mengetahui prosesnya. Tapi di sini seperti ngelinting, yang harus kita buat dari bakau dan kertas khusus yang membuatnya dinamakan rokok. Mungkin jauh lebih murah dan bentuknya tidak sempurna, namun lebih manis karena hasil jerih payah sendiri. Bukan uang yang bisa membuat kita bahagia, melainkan belajar dari kesalahan, kesabaran dan keikhlasanlah yang membuat semuanya jauh lebih indah. 

Di sini kami belajar bahwa hidup itu seperti berkebun yang tidak bisa kita langsung petik hasilnya. Namun kita harus berusaha sekuat mungkin untuk menjaga hidup ini, karena kami tahu semua akan indah pada waktunya. 

Di sini juga kami belajar bahwa hidup ini seperti memetik teh atau beternak. Mungkin kita lihat sesuatu yang kecil dan seringkali kita menyepelekannya, namun dari situlah semua dimulai dan akhirnya menjadi bukit dan kebahagiaan yang didapat.

Dan di sini, kami menepis pepatah 'TAK KENAL MAKA TAK SAYANG', karena di sini kami mendapatkan keluarga yang menyayangi dan menerima kami apa adanya, bukan ada apanya. Dan itu kami dapat hanya dalam 1 malam. 

Karena bahagia itu gak perlu kaya dan pintar, uang dan kepintaran hanya bonus tambahan dalam kehidupan, karena bukan dan kepintaran yang menentukan hidup kita bahagia, tapi kita yang menjalani ini semua, bukan mereka..." 

(Dari presentasi salah satu kelompok SWC - Ciwidey, April 2013)






Leave a Reply.